Nama : CHRISTIAN ADI NUGRAHA
NPM : 10209968
Kelas : 3EA15
Mata Kuliah : Prilaku Konsumen #
REVIEW JURNAL
Nama Penulis / Tahun : Suranto dan Anand Miftachur Riza / 2005
Judul Penelitian
PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN PERILAKU KONSUMEN DENGAN METODE DISKRIMINAN (Kasus di PT. Gudang Rabat Alfa Retailindo Solo)
Masalah / Tema / Topik
1. Faktor apa yang membedakan (pendiskriminan) perilaku konsumen dalam membeli di PT. Gudang Rabat Alfa Retailindo?
2. Konsumen yang mana dan bagaimana yang menjadi pelanggan PT. Gudang Rabat Alfa Retailindo?
3. Strategi apa yang digunakan untuk meraih pembeli agar menjadi pelanggan?
Tujuan Penelitian
Memberikan informasi tentang kebutuhan yang diharapkan oleh konsumen kepada PT. Gudang Rabat Alfa Retailindo Solo dalam mengambil kebijakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehingga dapat memahami peluang pemasaran yang efektif.
Teori – teori yang digunakan
1. Perilaku konsumen
2. Konsumen
3. Segmentasi pasar
4. Analisis multivariate
5. Analisis diskriminan
Metode – metode Penelitian
Objek : PT. Gudang Rabat Alfa Retailindo Solo, Jalan Ahmad Yani No. 234 Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo
Jenis Data : Data Primer & Data Sekunder
Teori yang diuji : Penentuan sampel, uji validitas, uji reliabilitas, analisis diskriminan
Deskriptif data
1. Data Primer
Data yang diperoleh dari sumber pertama, baik individu ataupun berkelompok. Dalam penelitian ini, berbentuk hasil pengisian kuisioner oleh responden.
2. Data Sekunder
Analisis / hasil- hasil
1.Penentuan Sampel
Hasil perhitungan menunjukkan jumlah sampel minimum sebesar 138,80. Pada penelitian ini akan menggunakan sampel sebanyak 150.
2. Uji Validitas
Dari hasil penelitian diperoleh hasil signifikan yang tinggi. Dengan
demikian, dapat dikatakan item-item pada saat test di atas memiliki tingkat validitas yang tinggi (data valid). Dikatakan valid jika r hitung > r tabel.
3. Uji Reabilitas
Hasil uji reliabilitas menujukkan bahwa data mempunyai tingkat reliabel diatas r tabel yaitu 0.6953. Dengan demikian, data dapat memberikan hasil pengukuran yang konsisten (reliabel).
Kesimpulan
1. Terdapat perbedaan perilaku yang nyata antara konsumen yang sering berbelanja dengan mereka yang jarang berbelanja di PT. Gudang Rabat Alfa Retailindo.
2. Variabel yang paling membedakan perilaku kedua kelompok pembeli tersebut adalah variabel harga dan AC.
3. Variabel harga merupakan variable yang paling membedakan perilaku konsumen ‘sering beli’ atau ‘jarang beli’. Sedangkan variabel AC sebagai pembeda perilaku konsumen berikutnya.
4. Dari sepuluh variabel, delapan variabel lainnya (lay out, lengkap, musik, lampu, pelayanan karyawan, pelayanan kasir, promosi dan image) bukanlah variabel yang membedakan perilaku kedua kelompok. Sikap konsumen terhadap delapan atribut tersebut relatif sama, jika kelompok ‘sering beli’ bersikap positif terhadap lay out, maka kelompok ‘jarang beli’ juga bersikap positif, sehingga faktor lay out tidak membuat konsumen berbeda perilaku.
5. Model diskriminan yang ada ternyata valid dan dapat digunakan, karena tingkat ketepatannya 60,7% ( >50%) dan mempunyai cross validation 60,7%.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar