Komp, Lembaga Keuangan Perbankan

Rabu, 28 Maret 2012

WAR, CONFLICT, AND PEACE FACTS

Perang, pertikaian, konflik, siapapun pasti nggak akan suka karna hal-hal tersebut hanya bisa mengakibatkan korban, baik korban jiwa, harta, sampai korban perasaan (saling curiga, prasangka, benci, dan sebagainya). Sayangnya, manusia kayaknya nggak pernah belajar dari tragedi perang sepanjang sejarah yang udah makan banyak korban. Semoga dari fakta-fakta berikut ini, kita bisa belajar untuk menjaga perdamaian, dimulai dari perdamaian dengan sekeliling kita.
1.    Guiness Book of Worl Record mencatat kalo sejak 3600 SM sampai saat ini, hanya ada sekitar 286 masa damai dalam dunia. Artinya, hanya selama 286 tahun itu aja nggak tercatat terjadi perang besar antar negara yang terjadi di dunia. Dan dari tahun itum lebih dari 8000 kesepakatan damai dilakukan dan semuanya dilanggar. Selama masa itu, setidaknya tercatat ada 14.500 perang besar terjadi dan menewaskan 4 milyar jiwa!
2.    Perang terlama yang pernah tercatat adalah perang antara Inggris dan Prancis yang disebut perang 100 tahun, yang sebenarnya berlangsung selama 116 tahun. Perang ini memakan korban yang jelas angat banyak. Prancis yang semula memiliki 17 juta warga, di akhir perang hanya tersisa separuhnya, termasuk wilayah Normadia yang ¾ penduduknya tewas, serta Paris yang penduduknya berkurang sampai 2/3 nya!
3.    Harga sebutir peluru adalah sekitar Rp 3.500. Jumlah yang bagi banyak keluarga kurang mampu bisa dipakai untuk satu porsi makanan yang dapat menyambung hidup mereka. Tapi, perang justru membuang peluru itu untuk membunuh satu sama lain.
4.    Amerika Serikat adalah negara yang paling banyak menghabiskan dananya untuk perang. 40% dana yang dikeluarkan buat perang dan persenjataan dunia adalah dari Amrik. Sementara tempat kedua ditempati Inggris, yang dana perangnya adalah 25% dari dana perang dunia.
5.    Di Indonesia, berbagai konflik yang terjadi di dalam negeri pun nggak kurang memakan korban. Menurut data Amnesti Internasional, misalnya, sejak 1977 akibat konflik di Papua telah jatuh puluhan ribu korban. Di Aceh, dari 1989-1998 ada 10.000 jiwa jadi korban konflik disana. Di Ambon, menurut CrisisGroup, saat perjanjian damai ditandatangani, sudah jatuh sekitar 5.000 korban jiwa akibat konflik bernuansa SARA yang terjadi sejak 1999-2002. Masi banyak lagi kasus-kasus perang yang pernah ada, dan tentunya korban juga nggak terbatas pada jiwa, tapi juga materi, trauma, hinggan masa depan.

Sumber : Buku Renungan Harian Pemuda Remaja “Future Generation” Edisi Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar